Thursday, July 5, 2018

On July 05, 2018 by djunmedia in ,    No comments
Selain terkenal dengan julukan Kota Udang, Cirebon juga kaya akan sejarah dan budaya di dalamnya. Budaya tersebut dapat berupa bangunan bersejarah, pekakas perang, makanan khas, tari-tarian, hingga musik.
Sumber : Dokumen Pribadi

Untuk itu kamu yang sedang liburan, gak lengkap rasanya kalau belum mengunjungi tempat wisata budaya di Cirebon. Lalu, apa saja itu?

Taman Sari Goa Sunyaragi

Sumber : http://mahligai-indonesia.com/

Goa Sunyaragi terletak di Kelurahan Sunyaragi, Kecamatan Kesambi, Kota Cirebon. Lokasi ini berada di sebelah Jl. by Pass Brigjen Dharsono. Goa ini sangat kental dengan mitos-mitos yang beredar di masyarakat. Misalnya mitos enteng jodoh. Enteng jodoh dalam bahasa Cirebon yang artinya mudah mendapatkan jodoh. Untuk mudah mendapatkan jodoh, kamu bisa memasuki goa Kelangenan yang masih berada di Komplek Goa Sunyaragi tersebut.

Selain mitosnya yang kental, goa ini juga memiliki arsistektur yang megah. Dilihat dari gaya atau corak dan motif-motif ragam rias yang muncul serta pola-pola bangunan yang beraneka ragam dapat disimpulkan bahwa gaya arsitektur Goa Sunyaragi merupakan hasil dari perpaduan antara gaya Indonesia klasik atau Hindu, gaya Cina atau Tiongkokkuno, gaya Timur Tengah atau Islam dan gaya Eropa.

Keraton Kasepuhan

Sumber : http://sinigera.com/
Keraton Kasepuhan adalah keraton terbesar dan tertua yang ada di Kota Cirebon. Keraton ini terletak di Kelurahan Kasepuhan, Kecamatan Lemahwungkuk, Kota Cirebon. Keraton ini di bangun pada tahun 1430 oleh Raden Walangsungsang yang merupakan putra dari Prabu Siliwangi.

Keraton ini memiliki banyak mitos yang berdera di masyarakat. Diantaranya mitos sumur tujuh mata air. Sumur ini dialiri oleh tujuh mata air yang berbeda. Masing-masing mata air memiliki warna yang berbeda, di antaranya merah, kuning, hitam, hijau, keruh, dan cokelat. Meskipun begitu, pada akhirnya air dari dalam sumur ini tetap terlihat bening dan aman untuk digunakan. Selain sumur tujuh mata air, Keraton Kasepuhan juga memiliki kereta kencana singa barong.

Masjid Agung Sang Ciptarasa


Sumber : https://1001indonesia.net/
Tidak jauh dari Keraton Kasepuhan, ada salah satu bangunan tempat ibadah umat islam yaitu Masjid Agung Sang Ciptarasa. Masjid ini telah berusia sekitar 500 tahun. Uniknya, masjid memiliki muadzin sebanyak 7 orang pada saat adzan jum'at dan juga sumur yang dapat menjadikan obat untuk berbagai penyakit.

Masjid Agung Sang Ciptarasa memiliki bangunan yang sangat unik. Bangunan masjid ini dikelilingi oleh tembok dengan bata merah. Jika masuk ke dalam masjid, kamu akan melewati pintu dengan ukuran sangat kecil sehingga saat masuk kamu harus membungkuk. Ini dimaksudkan sebagai tanda penghormatan kepada orang yang lebih tua. Setalah memasuki masjid, kamu akan melihat banyak kayu diatas tempat ibadah umat Islam ini.

Kampung Batik Trusmi

Sumber : http://www.disparbud.jabarprov.go.id/
Kampung batik Trusmi atau kawasan batik Trusmi merupakan pusat kawasan pengrajin batik dan kuliner di Cirebon. Kampung ini terletak di Kecamatan Plered, Kabupaten Cirebon. Batik yang dibuat biasanya menggunakan teknik tulis. Walaupun ada beberapa yang menggunakan teknik cap.

Saat berkunjung ke Kampung Trusmi, kamu bisa mencoba membuat batik sendiri. Selain itu kamu juga bisa melukis topeng khas Cirebon.

Masih bingung mau mengunjungi yang mana? Kunjungi saja semuanya. Hehe

0 comments:

Post a Comment