Saturday, September 29, 2018

On September 29, 2018 by djunmedia in    No comments
Batik adalah kain bergambar yang pembuatannya secara khusus dengan menuliskan atau menerakan malam pada kain itu, kemudian pengolahannya diproses dengan cara tertentu yang memiliki kekhasan. Batik dapat dibuat dengan teknik cetak atau dengan teknik tulis. Batik dengan teknik tulis tentu memiliki kualitas yang lebih baik dari teknik cetak, itu karena batik dengan teknik tulis memiliki jiwa seni dari pengrajin batik itu tersendiri.

Bangga dengan batik (sumber : dokumen pribadi)

Sebagai Warga Negara Indonesia yang baik, tentu kita tidak bisa diam terhadap batik. Kita harus bangga terhadap produk lokal. Kita harus bisa mempromosikan batik kepada turis mancanegara yang bepergian ke negara kita. Kita harus memakainya dengan bangga. Lalu kenapa kita harus bangga?

Batik Menjadi Identitas Bangsa Indonesia

Batik Indonesia (sumber : dokumen pribadi)

Indonesia memiliki berbagai jenis batik. Salah satunya batik mega mendung asal Cirebon, batik dari Pekalongan, dan lain-lain. Selain menjadi identitas Bangsa Indonesia, dengan menggunakan batik juga kita bisa membuat daerah kita menjadi terkenal, selain itu dapat menyelamatkan perekonomian di daerah kita. Contohnya jika kita menggunakan batik Mega Mendung yang di dapatkan dari BT Batik Trusmi asal Cirebon, tentu mereka akan penasaran dan akhirnya berkunjung ke BT Batik Trusmi lalu membeli di sana. Tentu ini menjadi keuntungan buat kita.

Batik Meupakan Warisan Budaya Leluhur

Batik warisan leluhur (sumber : dokumen pribadi)


Batik sudah ada di Indonesia sejak zaman kerjaan masa lampau (Khusunya Jawa). Perempuan-perempuan Jawa pada masa lampau menjadikan keterampilan mereka dalam membatik sebagai mata pencaharian, sehingga pada masa lalu pekerjaan membatik adalah pekerjaan eksklusif perempuan. Tidak hanya kaum perempuan yang bisa menjadi pengrajin batik. Ada beberapa batik asal pesisir yang menjadikan kaum laki-laki sebagai pengrajin batik, khusunya batik mega mendung.



Batik Sudah diakui oleh UNESCO

Batik diakui UNESCO (sumber : dokumen pribadi)


Selain terkenal di Indonesia, batik juga sudah terkenal di dunia. Pada tangga 02 Oktober 2009, United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization atau disingkat UNESCO menetapkan bahwa setiap tanggal 02 Oktober dilaksanakan hari batik nasional. Hal tersebut yang menjadikan kita semakin bangga menggunakan batik. Biasanya pada hari batik, BT Batik Trusmi Cirebon merayakanya dengan berbagai potongan harga, dari mulai batik asal Cirebon maupun batik asal daerah lain.



Batik Memiliki Corak Unik dan Beragam

Corak batik yang beragam (sumber : dokumen pribadi)

Batik memilki banyak corak unik, terlebih lagi setiap daerah memiliki berbagai jenis corak. Corak bisa berupa awan-awan seperti batik mega mendung, bisa bercorak hewan, bercorak pohon, bercorak manusia, bercorak benda mati, atau bisa juga bercorak abstrak. Corak  batik juga  dapat berunah karena pengaruh asing. Biasanya batik yang bercorak berubah-ubah merupakan batik pesisir seperti batik asal Cirebon.

Batik Dapat Digunakan Oleh Semua Kalangan

Batik digunakan oleh milenial (sumber : dokumen pribadi)

Banyak beberapa orang batik identik dengan orang tua zaman dahulu. Tetapi hal ini tidak berlaku di zaman sekarang. Batik Indonesia di zaman sekarang sudah memiliki corak yang unik dan modern. Tentu untuk mendapatkan batik yang unik dan modern kita bisa berkunjung ke BT Batik Trusmi yang ada di Kota Cirebon. Di sana kita bisa membeli berbagai motif batik dari mulai balita, generasi milenial, untuk pengantin baru bahkan untuk lansia.

Batik Dapat dibuat Oleh Tangan Kita Sendiri

Milenial belajar membatik (sumber : dokumen pribadi)

Di Indonesia banyak pengrajin batik yang memiliki jiwa seni yang tinggi. Hal itu tentu menjadi batik sebagai pesona Indonesia karena dapat menarik pengunjung untuk belajar membuat batik. Belajar membuat batik dapat dilakukan di BT Batik Trusmi. Selain toko batik, di BT Batik Trusmi juga kita bisa belajar bagaimana membuat batik yang baik dan benar, melukis topeng, membuat cendramata khas Cirebon, dan lain-lain. Tentu BT Batik Trusmi juga sebagai salah satu lokasi Wisata Cirebon yang kita banggakan.

Untuk sekarang kenapa kita harus malu menggunakan batik?? Selamat hari batik ya. Hehehe. 

____________________________

Tulisan ini dimuat untuk mengikuti lomba menulis artikel yang diadakan oleh BT Batik Trusmi untuk merayakan hari batik nasional yang dirayakan setiap tanggal 02 Oktober. Untuk teman-teman bloger yang membaca tulisan ini, mohon tinggalkan komentar untuk memberi masukan untuk blog saya ke depanya. Salam batik nasional. Kita bangga menggunakan batik.


Toko BT Batik Trusmi (sumber : dokumen pribadi)

Toko BT Batik Trusmi (sumber : dokumen pribadi)

0 comments:

Post a Comment