Tuesday, October 9, 2018

On October 09, 2018 by djunmedia in    No comments
Sebagai sarana transportasi masal, kereta api menjadi salah satu mode transportasi favorite di Indonesia. Selain aman digunakan, kereta api juga sangat cocok digunakan jika kita ingin sampai tujuan dengan tepat waktu. Selain kelebihan tersebut, kereta api juga memiliki berbagai kelebihan lain yang tidak dimiliki oleh mode transportasi lainya. Seperti harga tiketnya yang murah dan banyak pilihan keretanya.
mode transportasi kereta api (sumber : http://www.radarcirebon.com)

Sebelum menggunakan kereta api, tentu banyak hal-hal yang harus disiapkan dahulu sebelum pemberangkatan. Dari mulai memesan tiket, check-in, hingga turun dari kereta ketika sudah sampai tujuan. Lalu apa saja hal-hal yang harus dipersiapkan sebelum menggunakan jasa transportasi kereta api?

Pilih Tujuan Dan Tanggal Perjalanan Kamu

Menentukan tujuan dan tanggal perjalanan (sumber : https://pixabay.com)

Sebelum memesan tiket, tentu kamu harus menyiapkan tujuan perjalanan kamu. Selain itu juga pilih stasiun pemberhentian terdekat. Misalnya jika kamu ingin pergi ke Monas, maka stasiun pemberhentian terdekat ada di Stasiun Gambir atau Stasiun Pasar Senen.

Memesan Tiket Dapat Dilakukan di Counter Stasiun Atau Aplikasi KAI/e-commerce



memesan tiket kereta di stasiun (sumber : http://solo.tribunnews.com/)

Di zaman sekarang melakukan sesuatu sudah sangat mudah. Contohnya ketika memesan tiket kereta. Memesan tiket kereta dapat dilakukan di counter stasiun atau pada aplikasi KAI/e-commerce. Pastikan sebelum memesan tiket kamu sudah memastikan tujuan dan tanggal perjalanan kamu. Setelah kamu dapat memesannya melalui counter atau aplikasi KAI atau e-commerce seperti tiket.com, Tokopedia, Traveloka, dll. Setelah itu kamu dapat memilih jenis kereta yang diinginkan lalu kamu dapat membayarnya sesuai dengan metode pembayaran yang kamu pilih.


Tidak Membawa Barang Berlebihan di Bagasi

Membawa barang bawaan (sumber : https://suaramuslim.net)

Kita tidak diizinkan membawa barang yang berlebihan kedalam bagasi kereta. Selain memudahkan kita dalam membawa barang, kit juga memberikan ruang bagasi untuk orang lain yang membawa barang bawaanya. Selain itu kita juga tidak terkena denda akibat membawa barang bawaan yang terlalu banyak.

Check-in di Stasiun 30 Menit Sebelum Pemberangkatan Kereta

check-in kereta di stasiun (sumber : https://phinemo.com/)

Check-in di stasiun merupakan hal yang wajib dilakukan ketika akan memulai perjalanan menggunakan kereta. Check-in dilakukan setidaknya 30 menit sebelum pemberangkatan kereta. Hal itu dilakukan agar kita tidak tergesa-gesa saat mencari gerbong dan mencari nomor kursi kereta. Sebelum check-in kamu harus mencetak tiket dahulu, setelah itu kamu harus mempersiapkan KTP asli serta tiket boarding pass kereta api. Lalu masuk dan tunggu hingga kereta datang menjemput kamu.

Siapkan Uang Tunai dan Makanan Ringan Secukupnya

menyiapkan uang tunai (sumber : http://www.tribunnews.com)



Sebelum pemberangkatan menggunakan kereta, alangkah baiknya mengecek dahulu uang tunai yang ada di dompet kita. Jika belum mencukupi kita bisa mengambilnya melalui ATM yang ada di statsiun. Pastikan kita membawa uang tunai secukupnya. Gunakan juga uang tunai dengan pecahan 1000 s/d 10.000 agar memudahkan kita membeli makanan di kereta api dengan uang pas. 


Itu beberapa tips saat melakukan perjalanan dengan kereta api. Tidak lupa juga kita untuk bertanya pada petugas KAI jika kita mendapatkan kesulitan-kesulitan. Jangan lupa berdoa sebelum melakukan perjalanan, semoga perjalanan kamu sampai dengan tujuan.

0 comments:

Post a Comment